Selasa, 23 April 2013

1.993 Caleg Rebutan 100 Kursi DPRD Sumut

Suasana Onan Parsoburan
Sebanyak 1.993 bakal calon anggota DPRD Sumut yang diusung 12 partai politik akan memperebutkan 100 kursi pada Pemilu Legislatif 2014. Jumlah ini masih akan dilakukan verifikasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga 6 Mei 2013.

Di hari terakhir masa penyerahan daftar caleg sementara (DCS), Senin (22/4), partai politik peserta pemilu telah resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut. Data diperoleh, 12 partai politik peserta pemilu 2014 mayoritas mencalonkan anggota legislatif sesuai kuota kursi, yakni 100 orang. Namun Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mencalonkan 99 nama dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 94 nama.

Ketua DPW PPP Sumut, H Fadly Nurzal SAg, usai menyerahkan berkas pencalonan kepada wartawan mengatakan, partainya mengusung 94 bakal calon anggota legislatif. “Kualitas bakal calon yang diusung akan menentukan kuantitas suara yang diperoleh,” kata Fadly.

Artinya, lanjut Fadly yang mencalonkan diri untuk kursi DPR RI, kualitas para caleg sangat menentukan untuk memperolah suara, tentunya berpengaruh kepada perolehan kursi di legislatif. “Jadi target raihan suara tergantung kualitas caleg itu sendiri, maka penjaringan yang dilakukan sangat ketat dan mempertimbangkan kualitas,” ujar alumnus IAIN Sumut ini.

Ketua DPW Partai NasDem HM Ali Umri SH MKn mengatakan, dari 100 bakal calon yang didaftarkan, diharapkan akan memperoleh 30 persen jumlah kursi di setiap kabupaten/kota.

Dia mengaku optimis raihan target ini tercapai. ”Dari sejumlah tokoh yang diusung dan visi misi partai, Partai NasDem mampu memenangkan 30 persen di setiap kabupaten/kota,” ujarnya didampingi Sekretaris Drs H Anwar Monel MAP, Bendahara H Nezar Zoeli ST, Ketua Bappilu H OK Tun Hidayat SE.

Mantan Keua DPD Golkar Sumut ini juga yakin pencalonannya di DPR RI akan tercapai.

Begitu juga diungkapkan Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut, Panda Nababan. Dia opitimis target 30 persen perolehan kursi tercapai. “Indikator hasil Pilgubsu meyakinkan PDI Perjuangan akan meraih 30 persen kursi di DPRD Sumut,” kata Panda.

Apalagi, lanjutnya, caleg yang diusung mewakili ke-Bhinekaan di Sumatera Utara. “Semua etnis ada di PDI Perjuangan,” kata Nababan.

Disinggung perwakilan etnis Tionghoa, Panda Nababan, “Semua etnis diperlakukan sama, dan etnis Tionghoa ada di semua daerah pemilihan,” katanya, seraya menambahkan keterwakilan perempuan sebanyak 37 persen.

SUMBER

0 komentar:

Poskan Komentar